Sayur dan Buah Lebih Berhasiat

Buah-buahan dan sayuran sangat baik bagi kesehatan. Tapi cara Anda, menyimpan, memasak, dan menyajikannya dapat menjadikan buah atau sayur jadi berkurang vitaminnya. Supaya tak terjadi lagi, ikuti petunjuk berikut.

* Agar kacang merah dan kacang polong tidak banyak kehilangan vitamin yang terkandung di dalamnya, sebaiknya disimpan dengan kulitnya sampai saatnya akan digunakan, baru dikupas.

* Sayuran seperti seperti kol, salada, bayam, dan kangkung membutuhkan temperatur yang dingin dan kelembapan tinggi untuk mempertahankan semua vitamin dan gizi yang terkandung di dalamnya. Karena itu simpanlah di dalam kantong/wadah yang tertutup di lemari es, di rak/bak untuk sayuran/buah.

* Tempat terbaik untuk menyimpan beberapa jenis sayur dan buah seperti tomat dan buah tropis lainnya adalah di suhu normal tapi usahakan jangan kena sinar matahari langsung karena akan mempercepat kebusukan.

Cara Mengolah
* Panas dan air, keduanya dapat mengurangi kandungan vitamin dan gizi yang terdapat di dalam makanan. Jadi, sebaiknya masaklah makanan secepat mungkin dan dengan sedikit air. Cara memasak yang terbaik adalah dengan menggunakan microwave, ditumis, dan dikukus.

* Jika merebus sayuran seperti tomat, agar kandungan vitamin di dalamnya tak banyak terbuang serta tomat lebih cepat matang, rebus air hingga mendidih baru masukkan tomat atau sayuran dengan api yang terus menyala agar cepat matang dan juga tidak memakan waktu lama yang bisa membuat vitamin “hilang”.

* Cuci sayuran dengan cepat di bawah keran dengan air yang mengalir. Atau celup celupkan ke dalam panci yang berisi air dan kemudian tiriskan. Jangan pernah merendamnya karena air dapat melarutkan vitamin.

* Sedapat mungkin jangan mengupas atau membuang kulit buah-buahan. Vitamin banyak terdapat atau berkumpul tepat di bawah kulit, seperti kalsium, zat besi, dan potassium. Contohnya; jika memakan sebuah apel yang besar dengan kulitnya, akan mengandung 54 persen lebih banyak zat besi daripada jika imakan tanpa kulit.

* Jangan memotong sayuran dan buah-buahan dengan ukuran terlalu kecil karena akan menjadi lebih mudah menyerap udara yang bisa menghilangkan beberapa jenis vitamin di dalamnya.

sumber : Nova

Tag: ,

Satu Tanggapan to “Sayur dan Buah Lebih Berhasiat”

  1. jack Says:

    “Saya menyukai tampilan website Anda dengan materi yang dibahas di dalamnya. Saya akan kunjungi beberapa waktu lagi untuk melihat informasi terbaru dari Anda”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: