Sheila C. Bair

Dewi Penyelamat Kemelut Finansial AS
Penulis : Yulia Permata Sari

SIAPAKAH penyelamat krisis finansial Amerika Serikat pada 2008 lalu? Jawabannya adalah Sheila C. Bair. Ia adalah ketua lembaga penjamin simpanan Amerika Serikat, Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), yang menjadi salah satu pemeran kunci dalam menangani krisis. Bair dilantik sebagai Ketua ke-19 Federal Deposit Insurance Corporation pada 26 Juni 2006. Ia terpilih untuk menempati posisi tersebut selama masa jabatan lima tahun, dan termasuk dalam jajaran direksi FDIC hingga Juli 2013.

Belum lama ini, ia dinobatkan sebagai salah satu perempuan berpengaruh di dunia versi majalah Forbes, menempati urutan kedua setelah Angela Merkel (Kanselir Jerman) dalam daftar tahunan tersebut.

Sebagaimana yang dilaporkan harian umum Los Angeles Times, Bair termasuk salah satu pihak pemerintah resmi yang pertama kali mencium adanya masalah dalam pemberian kredit murah atau subprime loan di negeri Paman Sam, yang lantas menjadi penyebab kehancuran pasar modal AS.

”Banyak hal yang harus diselesaikan, dan harus diselesaikan dengan secepatnya,” ujar Bair mengenai restrukturisasi kredit rumah untuk pemilik rumah yang bermasalah, dalam sebuah konferensi Oktober 2007.

Peran Bair dalam merespon krisis di masa pemerintahan Bush itu cukup menonjol, termasuk kesuksesannya menuntut persyaratan dalam rancangan undang-undang penanggulangan bencana finansial pemerintah AS yang secara temporer menaikkan jaminan simpanan FDIC menjadi US$250.000 per akun. Selain itu, ia juga menggunakan kekuasaannya untuk sementara waktu menjamin utang bank dan menjamin semua simpanan tanpa bunga dalam jumlah tak terbatas.

Perjalanan karier
Bair memiliki latar belakang yang cukup panjang dalam berkarier di dunia finansial dan perbankan, yang membawanya dari Capitol Hill menuju akademia, hingga akhirnya mendarat di jajaran pemerintahan tertinggi. Sebelum bergabung dengan FDIC, sejak 2002 lalu ia menjabat sebagai Dekan Profesor Financial Regulatory Policy untuk Isenberg School of Management, di University of Massachusetts-Amherst. Selama di sana, ia juga bekerja untuk FDIC dengan menjadi anggota Advisory Committee on Banking Policy.

Sebagai Ketua FDIC, Bair memimpin di tengah periode kekacauan sektor finansial AS. Sejumlah terobosan yang ditawarkannya untuk mengatasi kemelut ekonomi tersebut antara lain, menyusun program-program yang menyediakan jaminan likuiditas sementara, menaikkan batas jaminan simpanan, dan melakukan modifikasi pinjaman secara sistematis untuk pengutang bermasalah.

Pekerjaan yang dilakukan Bair di FDIC juga berfokus pada perlindungan konsumen dan berbagai masalah perekonomian. Ia mengusulkan pembentukan Advisory Committee on Economic Inclusion, sebuah penelitian untuk program kredit bernilai rendah, dan membentuk aliansi-aliansi berbasis luas di sembilan pasar regional untuk membantu masyarakat kurang mampu menuju ke kemapanan finansial.

Perhargaan
Sejak menjabat sebagai KETUA FDIC, Bair telah menerima berbagai penghargaan prestisius, seperti menduduki posisi kedua dalam daftar Time 100 Most Influential People dari majalah Time (2009), anugerah John F. Kennedy Profile in Courage Award (2009), Hubert H. Humphrey Civil Rights Award (2009).

Selain itu, Blair juga pernah menduduki posisi puncak dalam daftar tahunan Women to Watch List dari The Wall Street Journal (2008). Pada tahun itu, Bair juga dinobatkan sebagai perempuan paling berpengaruh kedua di dunia setelah Kanselir Jerman Angela Merkel.

Tidak hanya itu, Bair juga berhasil memeroleh sejumlah pernghargaan atas berbagai tulisan mengenai isu finansial yang dipublikasikan, termasuk sejumlah tulisan pendidikan tentang uang dan finansial untuk anak-anak, dan pencapaian profesionalnya. Buku anak-anak pertamanya, Rock, Brock and the Savings Shock, dipublikasikan pada 2006. Sementara buku kedua, Isabel’s Car Wash, dipublikasikan pada 2008.

Tulisannya juga meraih penghargaan antara lain: Distinguished Achievement Award, Association of Education Publishers (2005), Personal Service Feature of the Year, dan Author of the Month Awards, Highlights Magazine for Children (2002, 2003 dan 2004), dan The Treasury Medal (2002). (OL-08)

3 Tanggapan to “Sheila C. Bair”

  1. Agus Suhanto Says:

    salam,
    senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, posting yang oke🙂 … lam kenal yee

  2. Hasna Salma Says:

    Terimakasih kunjungannya, salam kenal kembali, maaf baru belajar blog nya tidak menarik seperti milik mas Agus.

  3. new games coming out for ps4 Says:

    We’re a bunch of volunteers and starting a new scheme in our community.
    Your site offered us with valuable info to work on. You have performed an impressive activity and our
    entire community shall be grateful to you.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: