Sukses Menjadi Freelancer

Penulis : Yulia Permata Sari

DI tengah dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini, tidak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk menjadi pekerja lepas atau freelancer, misalnya sebagai fotografer, penulis, penerjemah, atau web designer. Selain jam kerja yang lebih fleksibel, menjadi seorang freelancer berarti Anda bebas memilih pekerjaan apa yang disukai dan menolak pekerjaan yang tidak disukai.

Akan tetapi, keputusan untuk menjadi seorang freelancer tidak bisa dibuat tanpa pertimbangan yang tepat. Kehidupan sebagai seorang freelancer membutuhkan nyali, kepercayaan diri, serta fleksibilitas yang tinggi. Anda harus siap menjadi ”bunglon” yang mampu menyesuaikan diri dalam beranekaragam kondisi dan situasi. Jika merasa tidak memiliki kriteria di atas, maka lupakan saja.

Tapi semua itu tentu sepadan dengan kepuasan yang didapat dengan menjadi seorang freelancer. Anda memiliki kontrol penuh alias menjadi bos terhadap diri sendiri, terbebas dari rutinitas pekerjaan yang membelenggu, memeroleh banyak pengalaman yang menarik, bertemu berbagai tipe orang dan tempat-tempat baru. Selain itu, Anda bisa bekerja dari rumah atau mana saja dan tidak mesti terikat dengan jam kerja kantoran. Pada intinya, menjadi seorang freelancer berarti terbebas dari jadwal kerja yang monoton.

Berikut ini adalah beberapa kualifikasi yang harus dimiliki untuk membangun karier sebagai seorang freelancer:

Unik
Cari tahu apa yang membedakan diri Anda dari lima milyar manusia lain yang hidup di bumi ini. Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif dari hari ke hari, sangat penting untuk menunjukkan bahwa diri Anda unik dan berbeda. Sejumlah keahlian khusus serta daftar panjang pengalaman bisa menjual dan membuat diri menonjol dibandingkan orang-orang lain di bidang yang sama.

Koneksi
Rajin memantau berbagai peluang pekerjaan di halaman surat kabar dan jalin koneksi yang baik dengan teman, kenalan, mantan rekan seprofesi, mantan atasan, dan berbagai sumber lain untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang tersedia. Jika proyek tersebut tidak tepat atau tidak dapat Anda tangani, tidak ada salahnya merekomendasikan orang lain yang Anda tahu dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan sempurna.

Gigih
Sangat penting bagi seorang freelancer untuk menjalin kontak secara teratur dengan calon perekrut potensial. Setelah mengirimkan resume dan surat lamaran, jangan hanya berdiam diri dan menunggu kabar dari calon perekrut. Sebaliknya, Anda harus gigih dalam menyikapinya. Beri waktu sejenak sebelum menindaklanjuti dengan menelepon calon perekrut untuk mengetahui apakah Anda memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan itu.

Up to date
Simak selalu berbagai informasi dan perkembangan terkini yang terjadi di bidang sosial budaya, terutama jika Anda menggeluti dunia kreatif. Sangat penting untuk selalu mengikuti dan memerhatikan perkembangan tren di pasaran, atau setidaknya mengetahui apa yang sedang terjadi agar tidak ketinggalan zaman. Selain itu, asah dan tingkatkan bakat dan kemampuan agar Anda selalu menjadi yang terdepan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: