Cairnya Es di Kutub Lebih Cepat 50 Persen

CITRA satelit terbaru menunjukkan lapisan es di wilayah Greenland dan barat Antartika semakin cepat menipis. Pencairan tersebut lebih cepat dari perkiraan para ilmuwan.

Hamish Pritchard, seorang ilmuwan Inggris yang pertama kalinya mengkalkulasi kecepatan pencairan es, mendapati bahwa pencairan es di Greenland dan Antartika semakin mengkhawatirkan. Bahkan, di beberapa wilayah Antartika, lapisan es telah mencair setinggi 30 kaki dibanding 2003.

Menurut hasil penelitiannya, kecepatan pencairan es telah bertambah cepat 50 persen antara 2003 hingga 2007 dibanding tahun 1995 hingga 2003. Perhitungan sang ilmuwan Inggris yang memanfaatkan teknologi pancaran sinar laser dari satelit NASA tersebut menyatakan bahwa semakin banyak air hasil pencairan es tersebut, semakin banyak pula es yang semakin tergerogoti oleh air tersebut.

“Dengan demikian, faktor utama mencairnya es bukan lagi karena panas di udara, namun lebih pada air-air di sekitar lapisan es. Yang harus dicermati saat ini adalah berapa lama lagi es-es tersebut mampu bertahan,” ujar Hamish. Sayang, penelitian Hamish belum mampu menjawab pertanyaan penting lainnya mengenai besarnya dampak pencairan es tersebut terhadap kenaikan air laut.

Sebelumnya, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa mencairnya dua lapisan es di antartika akan menaikan ketinggian air laut hingga tiga kaki atau lebih. (nature.com/AP/*/OL-04)

Sumber : MI

Tag: ,

Satu Tanggapan to “Cairnya Es di Kutub Lebih Cepat 50 Persen”

  1. eemoo Says:

    beberapa hari lalu saya nonton TV bahwa beberapa dekade kedepan air indonesia akan naik 80 cm…wah…bisa hilang nee pulau seribu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: