6 Tips Mencegah Jerawat

Enam cara untuk mencegah penyumbatan kotoran di pori dan juga jerawat ini adalah dengan :

1. Konsumsi makanan-minuman kaya vitamin, atau bisa juga supplemen multi-vitamin. Selain karena kotor, munculnya jerawat itu menandakan adanya sesuatu yang nggak beres di dalam tubuh kita. Kesehatan kulit benar-benar tergantung pada asupan nutrisi yang kita konsumsi. Di tengah kesibukan yang padat, kadang kita jadi lupa untuk memperhatikan makanan dan nutrisi apa yang masuk. Tubuh juga ‘ngambek’, dengan cara : memproduksi sebum (semacam minyak) yang berlebihan sehingga menyumbat pori-pori. Reaksi tersebut selain akan memicu jerawat juga mengurangi kemampuan kulit menyembuhkan diri dan melawan bakteri. Makanya hindari juga mengkonsumsi yang terlalu berminyak dan berlemak.

2. Banyak konsumsi wortel, untuk mendapatkan asupan beta-karoten (vitamin A). Vitamin A ini bermanfaat untuk memperkuat serat-serat yang melindungi kulit dan mencegah jerawat. Selain itu, vitamin A juga efektif untuk mengurangi produksi sebum. Intinya, vitamin A sangat bermanfaat untuk menjaga dan memperbaiki serat dan jaringan yang membentuk kulit. Fungsi lain dari vitamin A adalah sebagai anti oksidan yang akan menyingkirkan berbagai racun tubuh. Kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan jerawat.

3. Sebisa mungkin hindari kosmetik yang menimbulkan reaksi negatif terhadap kulit. Jika tak terlalu mendesak, hindari penggunaan kosmetik pada wajah. Beberapa produk make-up bisa benar-benar menyumbat pori-pori wajah. Jika pori-pori wajah tersumbat maka pastinya akan menimbulkan noda hitam dan jerawat. Jika benar-benar perlu menggunakan kosmetik, sebisa mungkin cari kosmetik yang berbasis air.

4. Minum 8 gelas air sehari. Kebiasaan ini benar-benar terbukti efektif untuk menyehatkan kulit. Air sangat bermanfaat untuk mendorong zat-zat tak berguna untuk keluar dari tubuh. Dengan minum air putih 8 gelas sehari, selain anti jerawat, anda juga akan mendapatkan bonus kulit yang bersinar.

5. Hindari kebiasaan memencet-mencet wajah untuk mengeluarkan tumpukan lemak / komedo, apalagi jerawat (seperti yang saya sudah utarakan di atas sebelumnya). Perlu diketahui juga, semakin sering menekan wajah, maka sebum dalam wajah bisa semakin meningkat. Lagipula, ketika memencet kulit wajah, apalagi jerawat, saat itu juga kita merusak membran yang ada di bawah kulit. Kerusakan membran tadi akan menyebabkan sebum menyebar di balik lapisan kulit. Hasilnya, jerawat di wajah akan semakin meriah.

6. Cuci Bantal dan Seprai. Setiap hari wajah anda pasti menempel di sarung bantal. Ketika sedang menempel di wajah, sarung bantal menyerap minyak dan wajah dan menempelkannya kembali ke muka anda ketika tidur. Selain minyak, sarung bantal juga berisiko menghantarkan kuman, debu, dan berbagai kotoran kecil lain ke wajah. Jadi, demi wajah mulus nggak ada salahnya cuci sarung bantal setiap hari.

Sumber

[voa-islam/mediasehat]

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: